Kamis, 01 Maret 2012

RPP Besaran Vektor Kelas X Sem.1




TUGAS MANDIRI
MICRO TEACHING
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Dosen Pengampu:Dr.Nyoto Suseno,M.Si

UMM











Disusun oleh
NAMA              :Alex Kurniawan Almansyur
NPM                  :09330512
PRODI              :Pendidikan Fisika
KELOMPOK   :I (Satu) F1



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
2012






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMA
Kelas / Semester           : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
 1.   Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

Kompetensi Dasar
   1.2  Melakukan penjumlahan vektor.

Indikator
1.      Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.
2.      Menjumlahkan dua vektor secara analisis.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Membedakan pengertian besaran vektor dan besaran skalar.
2.      Menyebutkan contoh besaran vektor dan besaran skalar.
3.      Menuliskan simbol vektor.
4.      Melakukan operasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon.
5.      Melakukan operasi vector dengan metode analitis

B. Materi Pembelajaran
1.  Notasi Vektor
2. Penjumlahan Vektor:
a. Secara Geometris
b. Secara Analitis
C. Metode Pembelajaran
1.      Metode    :             Diskusi kelompok
 Ceramah
D. Media Pembelajaran
o      Power Point
E. Sumber Belajar

Karyono.2006.Fisika Kelas X.Jakarta:BSE
Sumarmo,joko.2006.Fisika SMA kelas X.Jakarta:BSE
Handayani,sri.2007.Fisika untuk SMA kelas X.Jakarta:BSE 

F. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

No
Kegiatan
Uraian
Bentuk Kegiatan
Metode
Media
Waktu

1
Pendahuluan
Motivasi
Dan
Apersepsi
1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan memotivasi peserta didik untuk memulai kegiatan pembelajaran
2.      Guru mengkondisikan keadaan kelas agar peserta didik benar-benar siap untuk memulai kegiatan pembelajaran
3.    Sebutkan besaran fisika yang tergolong besaran vektor.
4.     Dapatkah besaran vektor mempunyai nilai negatif?
Siswa duduk dengan tenang dan siap untuk melaksanakan proses pembelajaran
Siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Ceramah

Power point
2’

TIK
1.      Membedakan pengertian besaran vektor dan besaran skalar.
2.      Menyebutkan contoh besaran vektor dan besaran skalar.
3.      Menuliskan simbol vektor.
4.      Melakukan operasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan Siswa memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru
ceramah
Power point
1’



2
Inti
Uraian
1.    Mencari informasi melalui studi pustaka tentang  Membedakan pengertian besaran vektor dan besaran skalar.
2.  Mendiskusikan bentuk simbol vektor dan menganalisis penjumlahan vector dengan metode yang ada
3.  Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang  operasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon.

Guru mempersiapkan jalannya diskusi dengan membagi kelompok Siswa aktif berdiskusi dengan teman sejawatnya dan memperhatikan bimbingan guru
Ceramah
Diskusi
demonstrasi
Modul belajar
Buku Paket SMA Kelas X
4’

Contoh
Gambar dibawah ini merupakan penjumlahan vektor secara segitiga. Gambar yag resultan vektornya sama dengan nol adalah..
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru bersama-sama dengan masing-masing kelompoknya
diskusi
Modul belajar
LKS
2’

Latihan
Siswa menyelesaikan soal latiihan yang diberikan oleh guru secara mandiri.
Study individu
Lembar kerja siswa
4’

3
Penutup
Kesimpulan









Evaluasi
1.      Guru memberikan kerangka isi dari apa yang sudah dibahas dalam pembelajaran pada konsep penjumlahan vektor
2.      Guru menyampaikan kepada siswa untuk membuat raangkuman tentang apa yang sudah dipelajari





Dilakukan dengan bentuk tes tertulis sesuai dengan tujuan yang akan dicapai (Pilihan ganda dan Esai yang terdapat pada LKS)

Siswa memberikan kesimpulan sebagaimana yang telah dipelajari selama kegiatan pembelajaran berlangsung
Ceramah
Power Point
Buku Paket SMA kelas X
2’


Jumlah
15menit





G. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
   -   Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen:
-         Uraian
-         Pilihan Ganda
-         Unjuk Kerja
        c. Contoh Instrumen:
Dua buah vektor sebidang berturut-turut besarnya 4 satuan dan 6 satuan, bertitik
tangkap sama dan mengapit sudut 600. Tentukan besar dan arah resultan vektor
tersebut!
Penyelesaian:
Misalkan vektor pertama V1 dan vektor kedua V2.
V1 = 4 satuan
V2 = 6 satuan
α = 600

                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                           Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar