Minggu, 29 Juli 2012

Isotop, Isoton dan Isobar, Ion dan Molekul


 Isotop,Isoton dan Isobar

 Isotop
Isotop adalah atom unsur sama dengan nomor massa berbeda. Isotop dapat juga dikatakan sebagai atom unsur yang mempunyai nomor atom sama tetapi mempunyai nomor massa berbeda karena setiap unsur mempunyai nomor atom yang berbeda. Karbon merupakan contoh adanya isotop.

Setiap karbon mempunyai nomor atom 6 tetapi nomor massanya berbeda-beda. Dari contoh tersebut dapat dikatakan bahwa walaupun unsurnya sama belum tentu nomor massanya sama.
Isobar dan Isoton
Isobar adalah Isobar adalah atom dari unsur yang berbeda (mempunyai nomor atom berbeda) tetapi mempunyai jumlah nomor massa yang sama. Karena nomor atomnya berbeda maka sifat-sifatnya juga berbeda. . Isobar dapat dimengerti dengan melihat contoh berupa  dengan yang memiliki nomor massa sebesar 24. Sedangkan isoton adalah atom dari unsur yang berbeda tetapi mempunyai jumlah netron yang sama. Contoh isoton adalah  yang sama-sama memiliki jumlah neutron 20.

Nomor atom 7 Nomor atom 7
Nomor massa 14 Nomor massa 15 

Ion dan Molekul
Ion adalah: atom yang bermuatan listrik, ion yang bermuatan listrik disebut kation, dan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda.ion adalah satu atom, kumpulan atom, atau partikel subatomik dengan satu jumlah muatan listrik. Ion yang paling mudah adalah elektron (muatan negatif tunggal, e-), proton (satu ion hidrogen, H +, muatan positif), dan partikel alpha (ion helium, he2 +, memiliki dua proton dan dua neutron).

Satu ion bermuatan negatif, yang memiliki lebih elektron dalam kulit elektron dari jumlah proton dalam nucleus, disebut anion, karena ia tertarik ke anod; sedangkan satu ion bermuatan positif, yang memiliki kurang elektron dibanding proton, dikenal sebagai kation, karena tertarik ke katoda . Satu poliatom anion yang mengandung oksigen kadangkala disebut oksianion.

Ion-ion ditandai sama seperti mana atom netral dan molekul bertindak secara listrik kecuali untuk kehadiran satu 'Superscript' yang menunjukkan tandaan sejumlah arus listrik dan jumlah elektron lebih dari satu. Sebagai contoh: H +, SO42-. Satu cara lain untuk menunjukkan cas ini adalah seperti begini: SO4-2. 
Jenis-jenis Ion
  1. Anion adalah ion negatif yang terbentuk ketika satu-satu atom menerima satu atau lebih elektron dalam proses kimia. Anion bermuatan negatif karena jumlah proton dalam nukleusnya kurang dibandingkan jumlah elektron.
  2. Kation adalah ion bermuatan positif yang terbentuk ketika satu-satu atom menyingkirkan elektron dalam proses kimia. Kation berlawanan dengan anion karena jumlah elektronnya yang kurang dibandingkan proton.
  3. Dianion: dianion adalah sejenis spesies ion yang memiliki dua muatan negatif dalam satu molekul seperti pentalena dan azulena.
  4. Ion radikal: ion radikal adalah ion yang memiliki elektron dengan bilangan ganjil. Seringkali ion radikal tidak stabil dan sangat reaktif.
Daftar Beberapa Jenis Kation
1. Na+ Natrium
2. K+ Kalium
3. Ag+ Argentum/Perak
4. Mg2+ Magnesium
5. Ca2+ Kalsium
6. Sr2+ Stronsium
7. Ba2+ Barium
8. Zn2+ Seng
9. Ni2+ Nikel
10. Al3+ Aluminium
11. Sn2+ Timah(II)
12. Sn4+ Timah(IV)
13. Pb2+ Timbal(II)
14. Pb4+ Timbal(IV)
15. Fe2+ Besi(II)
16. Fe3+ Besi(III)
17. Hg+ Raksa(I)
18. Hg2+ Raksa(II)
19. Cu+ Tembaga(I)
20. Cu2+ Tembaga(II)
21. Au+ Emas(I)
22. Au3+ Emas(III)
23. Pt4+ Platina(IV)
24. NH4+ Amonium
Sumber: Chemistry, The Molecular Nature of Matter & Change, Martin S. Silbergberg, 2000.
Daftar Beberapa Jenis Anion
1. OH Hidroksida
2. F Fluorida
3. Cl Klorida
4. Br Bromida
5. I Iodida
6. CN Sianida
7. O2– Oksida
8. S2– Sulfida
9. NO2 Nitrit
10. NO3 Nitrat
11. CH3COO Asetat
12. CO32– Karbonat
13. SiO32– Silikat
14. SO32– Sulfit
15. SO42– Sulfat
16. C2O42– Oksalat
17. PO33– Fosfit
18. PO43– Fosfat
19. AsO33– Arsenit
20. AsO43– Arsenat
21. SbO33– Antimonit
22. SbO43– Antimonat
23. ClO Hipoklorit
24. ClO2 Klorit
25. ClO3 Klorat
26. ClO4 Perklorat
27. MnO4 Permanganat
28. MnO42– Manganat
29. CrO42– Kromat
30. Cr2O72– Dikromat
Molekul
Molekul adalah: Gabungan dari beberapa atom unsur, bisa dua atau lebih. Artinya ketika berbicara molekul maka yang dibayangkan adalah gabungan atom2 (bukan 1 atom). Molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur/senyawa.
a. Molekul Unsur
    Oksigen terbentuk dari dua atom yang sama, yaitu oksigen. Rumus kimia oksigen adalah O2. Molekul yang terbentuk dari satu jenis atom dinamakan molekul unsur. Contoh
    molekul unsur lainnya adalah Cl2, I2, Br2, dan P4. 
 No
 Molekul
 Rumus Kimia
 1.
  Fosfor
         P4
  2.
  Air
        H2O
  3.
  Asam Sulfat
      H2SO4
  4.
  Metana
        CH4
  5.
  Karbon Dioksida
        CO2

b. Molekul Senyawa
    Molekul yang tersusun atas lebih dari satu jenis atom dinamakan molekul senyawa. Contoh molekul senyawa, yaitu air yang mempunyai rumus kimia H2O. Air tersusun atas dua
    atom H dan satu atom O.

Molekul Senyawa dan Rumus Kimianya

 No
  Senyawa
 Rumus Kimia
  1.
  Air
         H2O
  2.
  Asam Sulfat
       H2SO4
  3.
  Kapur
       CaCO3
  4.
  Urea
     CO(NH2)2
  5.
  Asam Nitrat
        HNO3
  6.
  Glukosa
     C6H12O6

    Molekul unsur dan molekul senyawa dapat dibedakan berdasarkan jumlah jenis atom penyusunnya. Perbedaan ini dapat kamu lihat pada molekul unsur H2 dan molekul senyawa H2O.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu berinteraksi dengan molekul unsur dan molekul senyawa. Contohnya ketika bernapas, kita menghirup molekul unsur oksigen (O2) dan melepaskan molekul senyawa karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dalam bentuk uap air.
http://ir36372.blogspot.com/2012/04/pengertian-ion.htmlpengertian ion, senyawa, molekul...pelajarn ipa 2 smp 

 http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2281551-pengertian-ion/#ixzz21zGMSkER







1 komentar:

  1. maaf oleh tannya .. klo atom-aatom unsur yang merupakan isotop, isobar dan isoton itu apa ajaa ya ?
    terima kasih

    BalasHapus